Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan




Buah Duku - Buahnya kecil, bulat atau terkadang lonjong dan kulitnya berwarna kuning kekuning-kuningan. Siapa yang tahu buah apa ini?
Yap.. benar Duku..
Buah duku termasuk dalam salah satu suku Meliaceae. Duku juga termasuk buah musiman yang bnyak dikenal dengan nama langsat, pisitan, celoring dan lain-lain. Di Indonesia, penghasil buah ini ada di Kudus, Tegal, Rembang, Palembang. Tetapi Duku yang terkenal berasal dari Palembang karena daging nya yang manis dan bijinya yang sedikit.


Anda pernah menggigit bijinya? Pahit bukan? J
Ternyata kulit dan biji dari buah duku ini mempunyai khasiat tersendiri. Memang belum banyak orang yang mengetahui tentang khasiat buah ini.
Dalam artikel ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan seputar Buah Duku.

1. Duku sebagai obat diare
Vitamin C dan E yang terkandung didalam buah duku sangat baik untuk antioksidan dan kandungan Lanzones di dalamnya dapat mencegah  penyakit diare hanya dengan memakan buah nya.

2. Sebagai pengusir nyamuk
Aroma yang khas dikeluarkan oleh kulit duku yang jika dibakar bisa di manfaatkan untuk mengusir nyamuk.

3. Mengobati cacingan
Cacingan tidak hanya terjadi pada anak balita tetapi orang dewasa juga bisa terkena . Jika anda terkena cacingan anda bisa mencoba alternatif ini sebagai pengganti obat cacing, dengan cara biji duku di giling sampai halus kemudian dicampurkan dengan sedikit air.

4. Menguatkan gigi
Kandungan fosfor yang ada didalam buah duku dapat memperkuat gigi.

5. Sebagai obat malaria dan Disentri
Di suku pedalaman Borneo buah duku dimanfaatkan untuk penyakit malaria dan disentri. Mereka hanya mengambil kulit pohon duku lalu di rendam dengan air hangat lalu didinginkan dan diminum.
Cara yang mudah, praktis dan tanpa efek samping.

6.Membersihkan tubuh dari  radikal bebas penyakit kanker
Karena buah ini mengandung serat, maka buah ini bisa juga dipakai untk memperlancar  pencernaan kita. Dan bisa juga mencegah penyakit kanker.

Ternyata banyak juga manfaat yang dihasilkan oleh buah kecil yang satu ini. So, jangan disia-siakan ya.. Smoga informasi yang saya berikan bermanfaat..

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment