Berbagai macam jenis buah dan beberapa fungsinya.



Di dunia ini terdapat macam-macam jenis buah-buahan dengan bentuk yang unik dan warna yang kontras. Berbagai macam vitamin dan sumber energy bisa kita dapat dari buah. Apa saja yang terkandung di dalam buah dan apa saja fungsinya? Mari kita ulas beberapa jenis buah yang sering kita makan. 


A.      Alpukat 
Buah alpukat mengandung lemak, kalori dan minyak yang tinggi. Dagingnya yang berwarna hijau muda kekuning-kuningan ini menjadi sumber enerji yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah alpukat dapat mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi. Fungsi utama dari buah alpukat adalah mengencangkan kulit dan melembabkan, mencegah anemia dan membantu pembentukan sel darah merah.

B.      Apel 
Zat pectin yang terdapat pada buah apel dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan triglycerides yang mengganggu fungsi jantung. Buah apel juga berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah dan kadar gula darah, mengurangi nafsu makan, dan sebagai pembersih racun dalam usus.

C.      Jeruk 
Vitamin C yang banyak terkandung di dalam buah jeruk dapat menstimulasi system kekebalan tubuh, selain itu buah jeruk dapat menghilangkan lender di tenggorokkan, paru-paru, rongga hidung dan perut. Untuk mengobati amandel dan radang tenggorokan, biasanya orang-orang mencampurkan sari jeruk nipis dengan madu. Memperkecil resiko stroke, serangan jantung dan mengatasi flu dan demam adalah fungsi utama dari buah ini.

D.     Semangka 
Jika anda termasuk orang yang hoby mengkonsumsi goreng-gorengan, kopi, manis-manisan dan daging-dagingan, maka anda di anjurkan untuk memakan buah semangka. Mengapa? Karena jenis makanan yang di atas banyak mengandung asam yang mengakibatkan bintik-bintik merah di kulit dan buah semangka ini akan membersihkan asam tersebut dan memperbaiki kandungan darah. Bagi penderita penyakit diabetes, buah semangka dapat diolah menjadi jus.

E.      Belimbing 
Fungsi utama dari buah belimbing merupakan dapat menurunkan tekanan darah, mencrgah sariawan dan mengencerkan dahak. Pada saat meminum atau memakan buah belimbing secara perlahan dapat mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorokan.

F.       Pear 
Buah pear dapat mengendalikan hipertensi, mengatasi gangguan lambung dan mengencerkan dahak. Biasanya kalau kita banyak memakan makanan yang berminyak dan pedas maka, perut akan terasa tidak enak. Ini di akibatkan oleh kadar asam yang berlebihan. Nah, buah pear ini akan membantu menghilangkan rasa tersebut.

G.     Papaya dan Mangga 
Kedua macam buah ini jika dicampur menjadi satu untuk dibuat menjadi jus maka akan menghasilkan rasa yang lezat. Jus ini bermanfaat untuk menanggulangi pembengkakan dan peradangan, gangguan pencernaan dan demam, selain itu jus ini juga mencegah bau badan dan meremajakan sel dalam tubuh. Dari buah mangganya sendiri dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sedangkan buah papaya dapat melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

H.     Kelengkeng 
Di dalam buah ini terdapat vitamin A dan B, sukrosa, glukosa, protein, lemak dan asam tartaric. Buah yang rasanya manis ini dapat membantu meningkatkan stamina sehabis sakit. Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat mencegah pemutihan rambut secara dini. Jangan coba-coba memakan buah ini dalam kapasitas yang banyak, karena badan akan menjadi panas akibat kelebihan energy.

I.        Pisang 
Daging yang terdapat pada buah pisang sangat membantu dalam penyakit peradangan lambung atau usus. Tekstur dagingnya yang lembut melapisi dinding-dinding lambung dan usus sehingga dapat menjadi lapisan anti radang.

J.        Tomat 
Menurut penelitian tomat dapat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat. Dengan demikian berarti buah tomat dapat menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan. Mengkonsumsi tomat secara teratur dapat membantu penyakit anoreksia atau lebih dikenal dengan penyakit kehilangan nafsu makan. Fungsi utamanya merupakan meningkatkan fungsi empedu dan hati, mengontrol gula dan darah, dan memperbaiki stamina seks.   

Berbagai macam jenis buah dan beberapa fungsinya. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment