Buah Delima Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh




Buah Delima adalah buah yang memiliki banyak manfaat, sejak sekitar tahun 3000 SM hal ini sudah diketahui dan disarankan oleh manusia untuk mengkonsumsinya. Dimana pada saat itu bangsa Sumeria menanam pohon delima di bawah pohon kurma. Tanaman ini juga banyak ditanam di daerah Asia Tenggara  dan Cina Selatan.

Buah yang memiliki nama latin punica granatum ini bisa bertahan enam bulan jika disimpan di lemari es. Buah ini juga sering di buat menjadi tanaman hias atau tanaman obat. Salah satu khasiat dari buah delima yang sudah lama dikenal adalah sebagai obat parasit usus dengan menggunakan ramuan akar nya.

Dari data yang di peroleh untuk buah yang berwarna merah ini, jika kita mengkonsumsi satu buah saja maka dapat mencukupi 40% kebutuhan vitamin C orang dewasa. Selain itu buah ini juga terdapat kandungan vitamin E, asam folat, serat, kalium, dan niasin. Selain itu juga kaya akan antioksidan antosianidin yang juga bersifat anti – inflamasi jadi, wajar saja kalau buah ini dikatakan buah yang paling banyak mengandung  antioksidan yang paling tinggi dari pada makanan lain seperti blueberry dan teh hijau.

Antioksidan yang terkandung di dalam buah delima berkhasiat melawan radikal bebas yang merusak jaringan sel – sel. Kerusakan jaringan sel – sel ini akan berhubungan dengan penyakit – penyakit lain seperti kanker dan jantung. Dari sebuah studi mengatakan jika kita mengkonsumsi 1,7 ons per hari maka dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 5%. Ekstrak bijinya juga kaya akan polifenol yang berfungsi untuk menyembuhkan leukemia. Buah delima juga bagus bagi ibu hamil karena dapat melindungi otak bayi yang baru lahir. 

Sekedar tips dari saya buat anda sebelum mengkonsumsi buah delima :
a.   Pilihlah buah yang segar, berat dan tidak retak. 
b.  Pada saat ingin memakannya , terlebih dahulu potonglah mahkotanya lalu iris dari atas ke bawah sebanyak 3 atau 4 bagian. 
c.   Daging atau biji delima semuanya bisa dimakan.
 
Dari berbagai manfaat dan khasiat buah delima, saya akan memberikan beberapa cara mengatasi penyakit yang bisa di sembuhkan oleh buah ini.

MUNTAH DARAH

Bahan :
- 30 gr bunga Delima
- 500 cc air
- 30 gr akar alang-alang

Cara membuatnya :
Cuci bersih bunga Delima dan akar alang – alang lalu rebus semua bahan tersebut hingga air tersisa 200 cc. Setelah air rebusan dingin, saring dan minum lah. Lakukan selama 14 hari berturut-turut.

KEPUTIHAN

Bahan :
- 15 gr kulit Delima kering
- 30 gr Sambiloto segar atau bisa juga  dengan 15 gr Sambiloto kering
- 600 cc air
 
Cara membuatnya :
Setelah semua bahan di cuci bersih lalu rebus semua bahan tersebut hingga air tersisa 200 cc. Setelah dingin lalu saring dan minum. Lebih baik lakukan selama 10 hari

SINUSITIS

Bahan :
- 15 gr daun Delima segar
- 30 gr daun Jagung segar
- 15 gr daun Teh segar
- 500 cc air

Cara membuatnya :
Setelah dicuci bersih, rebus semua bahan tersebut hingga air tersisa 200 cc. Selagi hangat, saring lah dan segera minum.

CACINGAN

Bahan :
- 15 gr kulit Delima kering
- 5 gr biji Pinang kering
- 200 cc air panas

Cara membuat :
Tumbuk biji Pinang kering sampai halus, lalu campurkan dengan kulit Delima kemudian seduh. Aduk  beberapa menit hingga semua rata dan saring, kemudian minum selagi hangat. Lakukan sampai penyakit cacingan sembuh.

Buah Delima Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment