Rahasia Dibalik Warna Buah - Buahan dan Sayuran Yang Cantik

Seperti yang selalu kita lihat warna buah dan sayuran sangatlah beragam. Ada yang berwarna hijau, merah, kuning, jingga dan lain-lain. Tapi tahukah anda arti dari kandungan warna tersebut? Nutrisi apa saja yang terkandung didalam nya? Nah, Untuk menambah wawasan kita mengenai manfaat buah-buahan dan sayuran berikut adalah informasi mengenai kandungan nutrisi didalam nya.




Warna Hijau
Buah dan sayuran yang berwarna hijau sangat mudah kita jumpai seperti kangkung, bayam, sawi, daun katuk, daun papaya, melon, alpukat dan masih banyak lagi. Untuk buah dan sayuran yang berwarna hijau ini memiliki kandungan asam alegat yang ampuh membasmi bibit sel kanker. Warna hijau yang dihasilkan oleh buah dan sayuran ini terbentuk karena adanya klorofil. Semakin pekat warna hijau nya maka semakin banyak kandungan vitamin dan mineral yang ada. Sayuran yang berwarna hijau ini banyak mengandung vitamin C dan B kompleks, kalsium, zat besi, fosfor, betakaroten, magnesium dan serat.



Warna Kuning


Nanas, pisang, jeruk dan belimbing merupakan buah-buahan yang berwarna kuning. Kandungan kalium  yang terdapat pada buah ini dianggap bisa mencegah penyakit jantung dan stroke. Selain kandungan kalium,
bahan makanan yang berwarna kuning juga mengandung pigmen lutein dan zeaxanthin yang berperan untuk mencegah terjadinya kebutaan.  Pigmen ini dapat kita temukan juga  pada jagung, labu, kuning telur dan sayur-sayuran yang berdaun hijau.

Warna Merah

Likopen dan antosianin merupakan beberapa kandungan yang terdapat pada buah dan sayuran yang berwarna merah.
Likopen adalah sebuah pigmen merah yang terdapat pada tumbuh – tumbuhan. Likopen merupakan senyawa yang dapat larut dalam minyak dan  juga merupakan antioksidan yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker dan jantung, sedangkan antosianin adalah antioksida yang bisa mencegah infeksi pada tubuh. Semangka, tomat, strawberry, kol merah, bayam merah, jambu biji merah, raspberry dan cranberry merupakan jenis buah dan sayuran yang berwarna merah.

Warna Biru



Warna biru atau ungu ini terjadi karena adanya senyawa antosianin yang berguna untuk menghambat terbentuknya gumpalan di dalam pembuluh darah yang meminimalkan  resiko penyakit jantug dan stroke.
Cherry, terong ungu,  kol ungu, cabai merah dan lain – lain, merupakan buah – buahan dan sayur – sayuran yang termasuk dalam jenis warna ini.


Warna Jingga



Warna jingga yang dihasilkan oleh beta dan alfa karoten ini menambah indah nya warna buah dan sayuran. Kandungan nutrisi yang di hasilkan oleh buah dan sayuran ini dapat menghambat proses penuan di dalam sel - sel tubuh, dan dapat juga membantu meremajakan sel sel tersebut, memperkuat system kekebalan tubuh sehingga tubuh kita tidak cepat diserang penyakit. Buah dan sayuran yang termasuk ke dalam warna ini adalah ubi jalar, wortel, apricot, mangga dan melon jingga, papaya, labu kuning dan lain – lain.


Warna putih

Buah dan sayur jenis ini baik untuk menjaga kesehatan system pencernaan dan meningkatkan ketahanan tubuh. Mengapa? Karena buah dan sayur yang berwarna putih ini mempunyai kandungan  vitamin C dan serat yang tinggi. Contoh buah dan sayur yang termasuk dalam jenis ini adalah sirsak, duku, kelengkeng, leci, tauge, sawi putih, kol, kembang kol, rebung dan jamur.

Nah, itulah  sedikit ulasan yang membahas mengenai warna dari buah dan sayuran. Semoga bermanfat bagi kita ya…

Rahasia Dibalik Warna Buah - Buahan dan Sayuran Yang Cantik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment