Aneka Sayur dan Manfaatnya.


Kita semua pasti tau Sayur adalah makanan yang sangat bagus untuk kita konsumsi. Di dalam sayur bukan hanya terdapat serat yang dapat membantu pencernaan kita agar lancar saja, tetapi masih banyak kandungan vitamin dan zat – zat yang diperlukan oleh tubuh. Untuk lebih jelas nya lagi, saya akan menguraikan tentang beberapa sayuran dan manfaat yang dikandung nya.



1. Bayam
Ingatkah kamu dengan tokoh kartun Popeye? Nah, Tokoh kartun yang satu ini sangat menyukai sayur bayam agar tubuhnya kuat untuk melawan penjahat yang mengganggu nya. Sayuran yang berwarna hijau ini sangat lah bagus untuk tubuh, karena bayam mengandung serat yang tinggi. Bayam juga mengandung asam folat dan asam oksalat yang dapat membantu masalah di dalam tubuh. Manfaat bayam diantaranya adalah menurunkan kadar kolesterol, mencegah sakit gusi, mengobati eksim, untuk perawatan kulit muka, kulit kepala dan rambut. Sebaiknya bayam jangan di masak dengan panci alumunium, mengapa? Karena bahan yang terdapat di panci tersebut bisa menyebabkan racun yang akan bereaksi dengan zat besi yang terkandung di dalam nya. Selain itu jangan mengkonsumsi sayur bayam lebih dari 5 jam setelah di masak.

2. Sawi
Sawi banyak mengandung vitamin dan mineral diantaranya adalah vitamin A, C, E, K dan folat. Mineral yang terkandung di dalam sawi tergolong tinggi, yaitu kalsium dan mangan. Kalsium berfungsi untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi, mencegah osteoporosis, melancarkan fungsi otot, otak dan sistem syaraf. Nutrisi lain yang terkandung adalah kalium, tembaga, fosfor, zat besi, magnesium, vitamin B6, vitamin B2 dan protein. Ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayur terutama Bayam dan sawi, karena memiliki asam folat yang tinggi yang mampu mengatasi anemia yang sring terjadi pada ibu hamil.

3. Kangkung
Untuk sayuran yang satu ini tidak jauh beda dari dua sayuran di atas, yaitu memiliki vitamin dan zat yang banyak diperlukan oleh tubuh kita. Tumbuhan yang mudah kita jumpai ini memiliki kandungan vitamin A, B, C, mineral, asam amino, fosfor, kalsium, karoten dan zat besi. Karena berbagai kandungan yang ada pada kangkung inilah kangkung memiliki sifat sebagai antiracun, peluruh, pendarahan, pelancar kencing, anti radang dan sedatif atau penenang (obat tidur). Adanya kandungan sedative yang ada di kangkung maka tidak heran kalau sehabis kita mengkonsumsi sayuran ini kita akan merasa ngantuk. Khasiat kangkung yang lain adalah mengurangi haid yang terlalu banyak, kencing darah, anyang – anyangan, mimisan, susah tidur, dan wasir berdarah. Memasak kangkung tidak boleh terlalu lama karena akan menimbulkan lendir.

4. Buncis
Buncis kaya akan protein dan vitamin yang dapat membantu menurunkan kolesterol, menstabilkan tekanan darah, mencegah kanker, mengontrol insulin dan gula darah. Bagi anda yang menderita diabetes sangat di anjurkan untuk memakan sayuran ini. Serat dan enzim yang terdapat pada buncis dapat membantu mengatur fungsi pencernaan, mencegah ambeien dan bisa menurunkan berat badan.


 5. Terong
Sayuran selanjutnya yang saya bahas adalah terong, sayuran yang mempunyai tekstur lembut pada dagingnya ini ternyata banyak memiliki khasiat untuk mengobati penyakit. Getahnya dapat dijadikan obat kutilan. Rebusan air dari daun terong dapat melancarkan buang air kecil, batuk, menyembuhkan sakit perut, dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi serta bermanfaat mengurangi jumlah sel darah putih dalam tubuh.

6. Kacang panjang
Manfaat dari sayuran yang satu ini adalah dapat mengendalikan kadar gula darah, memperkecil resiko kanker, mengatasi hipertensi dan membantu mengatasi sembelit. Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan protein nabati. Vitamin dan zat yang terkandung di dalam nya adalah Vitamin A, C, thiamin, riboflavin, besi, kalium, fosfor, magnesium, dan mangan.

7. Mentimun
Sayuran yang satu ini banyak mengandung air hingga 90%. Pada biji mentimun terdapat racun alkaloid jenis hipoxanti yang berfungsi untuk mengobati cacingan pada anak – anak. Mineral dan air yang dikandung mentimun juga dapat mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal. Mentimun juga bisa menurunkan berat badan.




 8. Kubis
Kubis atau yang sering kita panggil dengan kol ini mengandung glukosinolat yang dapat membuat rasa sedikit pahit di lidah kita. Kubis juga mengandung gas goiterogen yang dapat merangsang gas pada lambung. Karena kandungan gas ini lah maka setelah kita selesai mengkonsumsi kubis kita akan merasa perut seperti kembung. Selain itu di dalam kubis juga terdapat zat anti kanker.

Aneka Sayur dan Manfaatnya. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment