Buah Manggis Sebagai Obat Dan Jus Yang Menyehatkan

Khasiat Buah Manggis - Banyaknya berbagai kuliner yang nikmat, lezat dan tentunya sangat menggugah selera pada bermunculan akhir-akhir ini, yang akhirnya membuat selera makan kita tidak terjaga.  Mulai dari makanan yang berminyak, berlemak, ber kolesterol dll. Yang intinya akan membuat tubuh kita semakin membesar dan tertimbun penyakit. Iiiii.... seremmmm....


Ada beberapa buah yang lagi trend saat ini untuk di jadikan obat penangkal dari beberapa penyakit.
yaitu Buah Manggis. Kalau buah durian dikenal sebagai “Raja segala Buah” maka manggis sering disebut “Ratu segala Buah”. J
Buah manggis memiliki kulit yang tebal, berwarna ungu  dan memiliki getah yang seandainya terkena baju akan sangat susah membersihkannya.(Pengalaman sendiri, hehehehe). Tetapi dibalik itu manggis mempunyai daging yang berwarna putih dan manis.

Adapun beberapa penyakit yang bisa di sembuhkan oleh khasiat buah manggis adalah :

1.    Penyakit Asma
Mungkin sepele ya denger kata Penyakit Asma, tetapi tahukah anda penyakit ini tergolong penyakit yang mematikan karena mengganggu sistem pernafasan. Zat – zat yang terkandung di dalam manggis ternyata bisa melawan infeksi dan mengurangi alergi pada penderita asma.

2.    Menurunkan kolesterol
Zat xanthones  yang dimiliki buah manggis bisa mengurangi kolesterol yang berlebihan yang menempel pada dinding dan menyempitkan pembuluh darah.

3    Penyakit Jantung
Penyakit ini bisa terjadi karena adanya pembuluh darah yang berada di sekitar jantung kehilangan elastisitasnya. Dengan buah manggis yang memiliki antimikorbial dan antioksidan maka buah ini bisa memulihkan dan mengembalikan elastisitas pembuluh darah.

4.    Penyakit Diabetes
Penyakit ini lebih familiar dikenal sebagai penyakit “kencing manis”. Tingginya asupan kadar gula yang secara terus menerus dan kurangnya olahraga membuat asupan gula semakin tinggi. Tahukah anda kalau Indonesia ternyata menduduki posisi keempat dengan jumlah penderita diabetes terbesar. Sedih ya.. Senyawa antioksidan yang terdapat dibuah manggis dapat melawan serangan radikal bebas dan dapat memperlambat produksi hormon insulin yang ternyata dapat menurunkan kadar gula.  

5.    Manggis untuk Diet
Asupan makanan yang tidak teratur membuat timbunan lemak juga tidak teratur.

Sekarang buah manggis juga dikenal sebagai obat diet, mengapa? Karena didalam Buah manggis terdapat bahan alami yang dapat menekan hawa nafsu makan. Buah ini juga mengandung air  yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan dapat menghancurkan lemak.

6.    Kanker Payudara 
Salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum hawa adalah Kanker Payudara (breast cancer). Sampai sekarang belum ada penyebab tunggal yang menyebabkan seseorang menderita ini. Faktor utama yang dapat menimbulkan penyakit kanker ini adalah faktor genetika, hormon dan lingkungan. Zat Xanthone yang berperan sebagai senyawa anti-kanker bersifat apoptosis dimana zat xanthone dapat melakukan penghancuran ke sel kanker dengan merangsang proses bunuh diri oleh sel kanker itu sendiri.

Setelah mengetahui  beberapa khasiat dari buah manggis, sekarang saya akan memberikan sedikit resep untuk membuat jus kulit manggis.

Bahan-bahan :
·         > Buah Manggis (sesuai kebutuhan, bisa 2-3 buah).
·         > 1 gelas air hangat kuku.
·         > Madu seperlunya.
·         > Gula dengan kalori rendah (Gula Aren).
·         > Blender.
Cara pembuatan:.
  • Kulit Manggis bagian dalam di kerok dengan sendok. Sebaiknya pilihlah buah manggis yang bagus dan tidak busuk agar anda bisa menghasilkan cita rasa manggis yang bagus. Pada saat pengerokan kulit manggis, hati-hati dengan getah kuning dan bagian yang berwarna hitam supaya jusnya tidak terasa pahit. 
  • Kerokan kulit buah dikumpulkan setelah selesai, lalu kulit manggis direbus. Proses ini hanya sebagai alternatif agar rasa jusnya tidak terlalu pekat atau pahit. Sebagai saran, air sisa rebusan kulit manggis sebaiknya jangan dibuang, karena dari beberapa herbalis air rebusan ini bisa di jadikan sebagai terapi pengobatan dari beberapa penyakit.
  •  Setelah selesai di rebus lalu masukanlah kerokan kulit manggis tadi ke dalam blender. Beri air hangat sebanyak 1 gelas dan gula rendah kalori / gula aren. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan buah yang lain seperti Mangga, apel, jeruk dll untuk mendapatkan cita rasa yang lebih nikmat.
  • Jus kulit manggis telah siap di sajikan, agar lebih nikmat anda bisa memberi es atau dinginkan di dalam lemari es.
Alam memang telah menyediakan segalanya untuk dimanfaat kan, tetapi tidak ada salahnya kita mengingat pepatah yang mengatakan “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”.

Buah Manggis Sebagai Obat Dan Jus Yang Menyehatkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment